Penyebab Bad Sector pada hardisk Komputer

Bad Sector Sudah tidak asing kita mendengar tentang kerusakan ini, error segala macam pada komputer or laptop. Apalagi mendengar "Bad Sector", penyebab inilah yang akan menimbulkan dampak buruk bagi PC kita . Mari kita baca selanjutnya tentang Bad Sector.

Bad Sector pada hardisk Komputer
Bad Sector screenshot.


Bad Sector, merupakan kerusakan pada drive (hdd) atau flashdrive (flashdisk) yang tidak dapat digunakan karena kerusakan fatal yang mengakibatkan rusak permanen pada data atau seluruh isi dari disk tersebut dan OS tidak dapat mengakses secara optimal. Seperti kerusakan fisik pada permukaan disk ( atau kadang-kadang sektor terjebak dalam magnetik atau komponen digital yang tidak dapat dikembalikan ) atau gagal transistor memori pada Flashdisk.

Biasanya penyebab bad sector adalah, 

  • ketidak stabilan listrik saat komputer hidup dan sering mati-nyala pada listrik, mematikan komputer yang tidak ahli dengan cara amatiran yaitu langsung menekan tombol shutdown(jangan remehkan bagian ini, suatu HDD yang sedang bekerja tiba-tiba dipaksa berhenti, akan menimbulkan goresan pada keping disk pada hardisk),
  • umur hardisk, umur hardisk pun mempengaruhi karena drive yang sudah lama dipakai sudah sering terjadinya Read and write data dan tersimpannya file-file sampah yang dapat mengakibatkan dampak buruk bagi sistem operasi,
  • guncangan pada komponen pc sehingga pembacaan/penulisan data pada komponen pc pun terhambat,
  • dan yang terakhir adal



    ah dari datangnya virus, virus ini dapat mengacaukan data pada drive ini. dan akhirnya mengarah ke sistem registry, jika registry sudah kacau, maka akan terlihat dampak yang ditimbulkannya. contoh : BSOD (Blue Screen Of Death).


Tak lekang dari Bad Sector, saya akan menjelaskan cara menanggulanginya.

  1. Anda dapat mendefragment hardisk anda, dan mnegeceknya :

    - Klik tombol "Start"  
    - Lalu arahkan pointer ke My Computer.
    - Klik kanan pada Drive manapun
    - Pilih tab "Tools".
    - Klik "defragment now".
    - dan jika mendefrag hdd sudah selesai, klik Check Now.


    NOTE : guna mendefrag HDD adalah untuk merapikan data yang berantakan serapih mungkin, data yang tidak beraturan dapat terjadi kegagalan akses oleh OS dari drive. ini dapat mengurangi dampak bad sector.
  2. Anda dapat menggunakan Command Prompt.


    - Klik Tombol  
    - Lalu, ketikkan "cmd" pada textbox "search".
    - Ketikkan di dinding command prompt, yaitu "chkdsk".- Ini berguna jika anda mengecek drive anda menggunakan CMD, sebenarnya tidak ada bedanya antara mengecek "check now"(yang ada pada cara nomor 1) dengan cara ini.
  3. Anda bisa menggunakan software HDD Regenerator, HDD Sector, dan masih banyak lagi. klik gambar dibawah untuk mendownload HDD Regenerator 2011.
    HDD Regenerator 2011 (Click image to download).

Terima kasih untuk pengertiannya :) .
Directions:
Penyebab Bad Sector pada hardisk Komputer, apa itu Bad Sector, cara mengatasi Bad Sector.
Judul: Penyebab Bad Sector pada hardisk Komputer; Ditulis oleh Teuku; Rating Blog: 4 dari 5

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Bad Sector pada hardisk Komputer"

Posting Komentar

Apa pendapat anda tentang artikel diatas