Cara Mengurus BEA dan CUKAI di BATAM

Batam adalah surganya barang _ barang murah, mulai dari kebutuhan wajib hingga kebutuhan sekunder. Seperti elektronik dan lain - lain.
Namun semua itu hanya bisa di nikmati oleh penduduk batam saja, karna jika di bawa keluar batam akan kena pajak BEA CUKAI.
Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mengurus atau membuat surat bea cukai untuk mengirim barang ke luar batam.
Misalnya di sini saya akan memberikan contoh barang yang saya beli adalah iPhone 5C. Saya beli pada sekitar tanggal 12 bulan 10-2016 dengan harga 1000.000.00 (satu juta) pada kawan saya. Pasaran di batam adalah 1200.000.00.

Setelah saya beli lalu saya ke kantor pos untuk di kirim ke Aceh, namun sayang pihak pos tidak menerima kiriman elektronik tampa Surat pajak. Maka saya di suruh untuk ke kantor pos batam center mengurus surat pajak.
Jadi saya ke JNE dulu karna malas saya mengurus surat - surat, di JNE saya di kenakan tarif pajak 330 ribu belum termasuk ongkir. Wow. Jika di tambah pajak maka 470 paking kayu 2kg.
Setelah mendengar tersebut saya terpaksa mengurus sendiri surat pajak di batam center.
Ketika sampai saya langsung di suruh mengisi data seperti di contoh.

Nah di bagian ini banyak orang yang salah dalam pengisian karna banyak yang menulis seperti pada contoh formulir.

Yang pertama harus di perhatikan adalah asal negara barang jika kita lihat pada contoh asalnya adalah francis, maka kita isi adalah indonesia jika barang anda beli dari indonesia.

Yang kedua adalah harga barang, jika pada contoh adalah 100 USD maka saya isi 79,5 alias 1 jutaan, karna 1 dolar adalah 13ribu 100 dolar adalah 1,3 juta.

Yang ketiga adalah berat barang harus di timbang atau di prediksi jangan asal menulis seperti padan contoh karna ada bisa rugi nantinya.

Setelah mengisi semua data maka saya langsung keruang petugas BEA dan CUKAI untuk menyerahkan data yang telah saya isi. Petugas sempat kaget dengan hasil isian saya yang bisa di katakan sedikit Profesional, hehe. dengan heran dia bertanya kenapa harganya begini?
saya menjawan: pak itu harga dalam mata uang dollar sekitar satu juta itu pak.?
Kamipun membuat kesepakatan bahwa barang iPhone 5C sekarang pasaran 1,2 dan kana pajak 98 ribu saja. saya setuju daripada di JNE kena 330ribu? hehe.


Saat inggin mengirim saya mendengan beberapa mak - mak yang sedikit kecewa karna dia kena pajak 400ribu wew mungkin mak itu gak teliti dalam mengisi data makanya kena banyak.

Dikarnakan hari sudah sore saya tidak jadi kirim barang lewat pos tetapi saya memilih pulang dan besoknya saya ke JNE tadi untuk mengirim barang.

setelah sampai mereka menjelaskan sekali lagi tarif dan juga pajak namun alangkah kagetnya saat saya tunjukan surat BEA dan CUKAI itu meraka sedikit malu dengan alasan barang saya di hitung lebih mahal kemaren? padahal dia sendiri yang mengatakan kalau barang saya harganya 1 juta.?

dengan binggung akhinya mereka menghitung tarif saya dengan paking kayu 2kg adalah 128ribu untuk kirim lambat dan 158 ribu untuk cepat, saya pilih yang lambat saja karna duit pas-pasan.



NOTE: jangan asal mengisi formulir BC
             Ingant Berat, Harga, asal Negara Barang
             Jangan mengabukan barang bayar pajak dengan yang lain misalnya baju dll.
             Bayarlah BC pada kantor pos Batam Center atau lainnya jangan langsung dari Jasa pengirim.
             Jujur dan juga usaha yang paling penting

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengurus BEA dan CUKAI di BATAM"

Posting Komentar

Apa pendapat anda tentang artikel diatas